Inspeksi Konservasi Energi

Apakah itu inspeksi konservasi energi? 

Dengan meningkatnya kekhawatiran mengenai konsumsi energi di Indonesia, pemerintah telah memperkenalkan program konservasi dan efisiensi energi yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan. Kerangka hukum untuk manajemen energi ditetapkan pada tahun 2009 berdasarkan Keputusan Presiden No.70/2009 dengan peraturan pendukung di bawah yurisdiksi peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ESDM/14/2012. Peraturan ESDM/14/2012 mengamanatkan bahwa perusahaan yang mengkonsumsi lebih dari 6.000 metrik ton minyak atau setara setiap tahunnya memerlukan inspeksi konservasi energi setiap tiga tahun sekali. Selain itu, perusahaan diwajibkan untuk menerapkan manajemen energi mengikuti beberapa kriteria. 


Mengapa inspeksi konservasi energi penting?

Melakukan inspeksi konservasi energi membantu perusahaan menunjukkan kepatuhan pada peraturan pemerintah dan untuk mendukung target nasional guna mengurangi pencemaran lingkungan/ emisi karbon dengan energi/PDB sebesar 1% per tahun. Layanan inspeksi konservasi energi LRQA menjamin integritas sistem dan proses untuk membuat informasi mengenai data konsumsi energi Anda.

Inspeksi konservasi energi juga membantu mengembangkan mekanisme yang kuat dan dapat dipercaya untuk mengukur, memantau, dan melaporkan konsumsi energi. Layanan inspeksi konservasi energi LRQA menjamin integritas sistem dan proses untuk membuat informasi mengenai data konsumsi energi Anda.


Manfaat inspeksi konservasi energi dengan LRQA

LRQA dapat mendukung organisasi Anda dengan 3 jenis inspeksi konservasi energi yang tergantung pada kebutuhan bisnis: 

  • audit penelusuran: Analisis pendahuluan untuk menilai kinerja efisiensi energi organisasi Anda dengan menganalisis data yang disediakan oleh organisasi.
  • audit awal: Serupa dengan Audit penelusuran, tetapi dengan tambahan pemantauan berselang mengenai peralatan tertentu (biasanya peralatan dengan konsumsi energi yang signifikan). Pemeriksaan ini mengidentifikasikan bukan hanya perbaikan sederhana dan rendah biaya, tetapi juga daftar tindakan konservasi energi untuk mengarahkan audit teperinci yang akan datang.
  • audit teperinci/taraf investasi: Berdasarkan hasil audit sebelumnya, audit teperinci menyediakan analisis komprehensif untuk mengidentifikasikan peralatan yang akan dipantau secara komprehensif untuk memberikan ulasan tren dan memperbaiki instalasi yang sudah ada.

LRQA memberikan manfaat nyata bagi klien kami melalui pendekatan manajemen proyek terstruktur. Pendekatan bertahap kami memastikan inspeksi konservasi energi Anda berjalan efektif dengan biaya dan gangguan minimal serta diselesaikan dalam waktu yang efisien. 


Unduh lembaran data inspeksi konservasi energi