Tanggungjawab Sosial Perusahaan

Tanggungjawab Sosial Perusahaan (biasa dikenal sebagai CSR) secara singkat bisa dijelaskan sebagai kontribusi bisnis demi pembangunan yang lestari. Istilah ini secara eksklusif dipakai oleh golongan berpengaruh, lembaga non pemerintah, konsultan, dan perusahaan-perusahaan yang moderen; dan CSR sekarang duduk sebagai agenda bisnis utama. CSR menuntut sebuah perusahaan untuk dapat diandalkan oleh semua pemangku kepentingan dalam mengatur dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan lewat cara yang memaksimalkan manfaat dan meminimalkan sisi buruk.   

A.   Laporan CSR – Jaminan dan Verifikasi Pihak Ketiga

Harapan untuk memperbaiki kredibilitas dan keandalan laporan CSR mengarahkan verifikasi independen pihak ketiga menjadi semakin penting. LRQA menawarkan tidak hanya ketepatan verifikasi, tetapi juga keluaran yang bermanfaat yang selaras dengan perbaikan bisnis perusahaan itu.

Verifikasi kami terhadap segala jenis laporan menggunakan kriteria yang menyaratkan tes ‘secara materil’, dalam rangka mengonfirmasi bahwa sebuah laporan kredibel dan mencakup hal-hal yang penting (contoh: isu materi). Verifikasi laporan biasanya adalah Keberlanjutan, CSR, Perhitungan Tahunan, dan/atau Laporan Terpadu. Verifikasi kami bisa berfokus pada satu seksi saja atau seluruh data lingkungan, ekonomi, sosial, etika, dan kinerja tata kelola yang kemudian diungkap dalam laporan-laporan tersebut. Hasilnya adalah Pernyataan Jaminan LRQA yang disertakan dalam laporan.

B.  Standar Laporan GRI G4

LRQA menawarkan sejumlah layanan tentang GRI G4 yang membantu Anda menciptakan Laporan CSR Anda. Kami juga menyediakan pelatihan dan pendidikan relevan, juga analisa jarak mengenai penilaian yang bersifat materil termasuk layanan jaminan eksternal untuk pelaporan CSR.

C.  Analisa Jarak Tanggungjawab Sosial ISO 26000

ISO 26000 lebih menyediakan panduan daripada persyaratan tentang bagaimana bekerja dengan cara yang lebih bertanggungjawab secara sosial (SR); oleh karenanya, ini bukanlah sertifikasi, tidak juga LRQA akan memverifikasi segala klaim untuk disertifikasi terhadap ISO 26000.

Di LRQA, upaya perusahaan Anda, dengan harapan ISO 26000, apa yang hilang, bagaimana dengan apa yang harus diperbaiki, dan tersedia ditinjau dari perspektif pihak ketiga, melakukan ulasan "jasa penilaian gap ISO 26000" yang kami miliki.

Klien tertarik dengan ISO 26000 dan LRQA bisa menawarkan layanan di bidang CSR tetapi layanan ini bisa sangat unik. Layanan termasuk didalamnya, tetapi tidak terbatas pada:

  • ·     Melakukan penilaian strategis yang cepat untuk dampak, risiko, dan peluang keberlanjutan. Hasilnya akan menjadi analisa jarak untuk program keberlanjuan TPSE saat ini dan sistem pelaporan eksternal yang memberikan rekomendasi tentang bagaimana hal ini bisa diperkuat.
  • ·     Kami akan bekerja secara dekat dengan tim manajemen keberlanjutan Anda (atau manajer terkait) untuk meninjau analisa dan rekomendasi yang kami buat agar praktis dan mudah dicapai. Proses ini juga membantu memastikan bahwa ada persediaan memadai dari manajemen terkait. 
  • ·     Berdasarkan tinjauan bersama kami akan melakukan finalisasi peta puncak untuk mengoptimalkan rekomendasi ini hingga mereka terlibat dengan sistem dan laporan keberlanjutan TPSE dan menjaganya untuk waktu yang lama.


D.  CSR Rantai Pasok pihak kedua

Perlu pengalaman tahunan dari auditor di bidang ini, dan akan menjawab audit dua-pihak, pelatihan auditor, dan dukungan dasar manajemen rantai pasokan, serta hubungan permintaan rantai-pasok yang cukup luas.