Perubahan Iklim

Gas Rumah Kaca, Data Lingkungan: 

 

Ketertarikan orang terhadap isu lingkungan terus bertumbuh, Sekarang, kita telah mulai menggeser ketertarikan tersebut ke arah masyarakat rendah karbon. Dalam perubahan besar ini, aspek rendah karbon merupakan salah satu kriteria semua pemangku kepentingan untuk menunjukkan komitmen perusahaan terhadap strategi lingkungan. Hal ini menjadi era di mana tidak hanya isu finansial yang dievaluasi untuk menilai performa sebuah perusahaan. LRQA menyediakan layanan terkait pengungkapan dan verifikasi emisi gas rumah kaca.   


Standar-standar yang relevan: 

A. CDP Carbon Disclosure  

Carbon Disclosure Project (CDP) adalah sebuah organisasi berbasis di Inggris yang bekerja dengan para pemegang saham dan korporasi untuk mengungkap emisi gas rumah kaca di perusahaan-perusahaan raksasa. CDP bekerjasama dengan investor secara institusional di index FTSE; di mana proyeknya mensyaratkan pengungkapan emisi gas rumah kaca. 


B. ISO 14064 - verifikasi pihak ketiga untuk gas rumah kaca.  

Verifikasi ini ditujukan untuk organisasi yang menghitung dan melaporkan emisi gas rumah kaca secara sukarela; juga untuk mereka yang mencoba memperkuat manajemen emisi GRK masing-masing. Standar internasional ISO 14064 dibuat untuk bisa memenuhi permintaan ini; selain membuat sebuah kerangka untuk penghitungan, verifikasi untuk gas rumah kaca juga sudah dikembangkan.  


C. Joint Crediting Mechanism (JCM) dulu dikenal sebagai Bilateral Offset Credit Mechanism (BOCM)  

Demi terus mencapai target penurunan emisi di luar periode komitmen Kyoto Protocol yang kedua, pemerintah Jepang telah mengembangkan skema bernama Joint Crediting Mechanism (JCM). Ini adalah sebuah mekanisme kredit bilateral yang bertujuan untuk memungkinkan transfer teknologi mutakhir, produk, sistem layanan, dan infrastruktur rendah karbon ke negara-negara berkembang. 

Fokusnya adalah membantu klien memastikan bahwa proyek mereka, di seluruh tahapan dan pengembangkan siklus proyek, bisa dipercaya. Secara spesifik, LRQA bisa memastikan bahwa klaim terhadap emisi gas rumah kaca bisa diverifikasi, akurat, dan bisa diandalkan. Yang lebih penting, kami memberikan opini yang mandiri, tidak berpihak, dan bisa dipercaya. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut tentang JCM.


D.    Validasi dan Verifikasi CDM (Clean Development Mechanism)  

Validasi CDM adalah sebuah evaluasi independen dari sebuah aktifitas proyek terhadap persyaratan CDM. Ini berdasarkan dokumentasi rancangan proyek, khususnya paduk proyek, rencana pemantauan, dan kesesuaian dengan kriteria UNFCCC serta pihak tuan rumah yang sesuai, demi menentukan apakah kredit yang bisa diperdagangkan dapat dihasilkan. Demi bisa mendaftar ke skema ini, semua proyek CDM harus divalidasi.  Verifikasi CDM merupakan tinjauan periodik dan penentuan pasca monitor penurusan emisi gas rumah kaca yang muncul sebagai hasil dari kegiatan proyek CDM yang telah terdaftar. Sebuah verifikasi yang berhasil menentukan dan menyertifikasi jumlah kredit pengurangan emisi yang didapatkan. Sertifikasi merupakan jaminan tertulis bahwa sebuah kegiatan proyek mendapatkan pengurangan emisi yang terverifikasi. Kemudian mereka yang duduk sebagai CDM Executive Board (CDM EB) menerbitkan kredit tersebut.